Chat Kami disini
STIE Mahaputra Riau
STIE Mahaputra Riau
Untitled Document
Home » Pekanbaru » Info Akademik & Adm

Catatan Pinggir: STIE Mahaputra Riau dalam Kronologi Sejarah

Tutor by: Menhard dibaca:8997 kali, Posted on 2012-08-08 09:19:13


Catatan Pinggir:  STIE Mahaputra Riau dalam Kronologi  Sejarah

 

Akhirnya, perjuangan dan penantian panjang dalam proses perubahan bentuk Akademi Akuntansi Mahaputra Riau (AAM Riau) menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahaputra Riau (STIE Mahaputra Riau) berbuah manis. Buah yang dihasilkan melalui kerjasama tim yang sangat solid, dan pada dasarnya menjadi awal dari untuk berbuat lebih banyak dan lebih baik.

Diantar oleh surat Kepala Bagian Hukum dan Kepegawaian Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan No. 1381/E1.3/HK/2012, tanggal 13 Juni 2012, maka salinan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 225/E/O/2012, tanggal 11 Juni 2012, diterima Bpk. Amrizal, BSc Ketua Yayasan Dharma Bakti Putera Muslim Indonesia (YDBPMI), selaku pengusul Perubahan bentuk Akademi Akuntansi Mahaputra Riau (AAM Riau) menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahaputra Riau di Pekanbaru.

Dahulunya, AAM Riau di buka dan berjalan operasionalnya berbekal SK 039/D/O/1997, tanggal 18 Juli 1997, Keputusan Menteri Pendidikan Nasional  yang memberikan status terdaftar Kepada Jurusan Akuntansi, Prodi Akuntansi Akademi Akuntansi Mahaputra Riau di Pekanbaru.

Seiring dengan berjalannya waktu, mengacu kepada kebutuhan dan perkembangan pembangunan Provinsi Riau, ditambah dengan pengalaman mengelola pendidikan profesional di bidang akuntansi dengan mengelola AAM Riau, menumbuhkan keinginan bagi pemrakarsa dan pengelola untuk meningkatkan sumbangsih dan peran serta di bidang peningkatan dan pengembangan sumber daya manusia, dengan menggagas pembukaan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahaputra Riau (STIE MAHAPUTRA RIAU), melalui perubahan bentuk Program Diploma III Akademi Akuntansi Mahaputra Riau (AAM RIAU).

Kronologis perubahan bentuk AAM Riau menjadi STIE Mahaputra Riau di mulai saat pengiriman proposal pengajuan izin perubahan bentuk (26 Desember 2006), dengan surat  pengantar Yayasan No. ist/Ket/AAM-Riau/XII/2006. Permohonan itu mendapat tanggapan. Surat balasan dan tanggapan dari Direktur Pembinaan Akademik dan Kemahasiswaan Dirjen Dikti (21 Maret 2007), menginformasikan tentang keharusan perbaikan proposal. Terdapat beberapa kali perubahan dan melengkapi persyaratan pendirian yang belum terpenuhi, termasuk di dalamnya pengiriman Surat rekomendasi Kopertis , No. 973/010/KL/2010, tanggal 6 Desember 2010.

Setelah memenuhi beberapa persyaratan yang mengiringi terbitnya rekomendasi Kopertis, Pemrakarsa di undang oleh Dirjen Dikti untuk mempresentasikan rencana perubahan bentuk AAM Riau menjadi STIE Mahaputra Riau dengan segala kajian kelayakan administratif dan akademis sesuai dengan UU No. 20 Tahun 2003, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan (Lembaran Negara Tahun 2010 No.23, Tambahan Lembaran Negara No. 5105) sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah No. 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan (Lembaran Negara Tahun 2010 No. 112, Tambahan Lembaran Negara No. 5157), serta keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 234/U/2000, tentang Pedoman Pendirian Perguruan Tinggi.

Pengurus Yayasan Dharma Bakti Putera Muslim Indonesia menunjuk dan menugaskan Saya, selaku Direktur dan Sdr. Masril, S.E.,M.M Pembantu Direktur Bidang Kemahasiswaan dan Hubungan Kelembagaan AAM Riau untuk mempresentasikan rencana perubahan ini dihadapan Tim dari Dikti di Jakarta. Presentasi dilaksanakan di gedung Dirjen Dikti, tanggal 28   Juli 2011. (Untuk mengejar waktu presentasi esok hari, Tim yang akan berangkat ke Jakarta mengalami kendala transport, pesawat Pekanbaru  ke Jakarta penuh! Alternatifnya, berangkat dari Minangkabau Internasional Airport, Padang. Sekretaris Yayasan, Bpk. Elisyafrizal turun tangan. Dengan ditemani Sdr. Rahmadani Hidayat, S.E mengantarkan kami jalan darat ke Padang. Berangkat malam hari dari Pekanbaru, dan dinihari sebelum gerbang Bandara MIA di buka tanggal 28 Juli kami sudah parkir di depan portal)     

Presentasi menghasilkan sejumlah koreksi, catatan, dan bahan yang harus di lengkapi. Termasuk meng”up date” proyeksi “Cash flow”  agar lebih sesuai dengan kondisi terkini di lakukan oleh Sdr. Zubir, S.Pd, Pembantu Direktur Bidang Keuangan AAM Riau. Setelah pengiriman kelengkapan persyaratan, maka pada tanggal 7 April 2012 Yayasan Dharma Bakti Putera Muslim Indonesia dan AAM Riau kedatangan Tim Verifikasi dari Dirjen Dikti yang bertugas melakukan verifikasi terhadap data dan dokumen yang telah diajukan bersama proposal.

Setelah kunjungan Tim verifikasi, masih menyisakan beberapa hal yang mesti dilengkapi untuk mendukung proposal perubahan bentuk. Alhamdulillah, berkas yang dibutuhkan dapat dipenuhi. Pengiriman Persyaratan untuk melengkapi hasil verifikasi, dikirim bersama surat Ketua Yayasan Dharma Bakti Putera Muslim Indonesia  Nomor : 055/Ket/YDBPMI/IV/2012, 30 April 2012. Proses verifikasi kembali dilanjutkan oleh Tim Dikti di Jakarta, dan setelah dianggap layak dari berbagai aspek dan memenuhi semua persyaratan maka tanggal 11 Juni 2012, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, menetapkan  SK No. 225/E/O/2012, dengan memberi izin Perubahan Bentuk Akademi Akuntansi Mahaputra Riau di Pekanbaru Provinsi Riau yang diselenggarakan oleh Yayasan Dharma Bakti Putera Muslim Indonesia di Pekanbaru Provinsi Riau menjadi SekolahTinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Mahaputra Riau di Pekanbaru Provinsi Riau yang diselenggarakan oleh Yayasan Dharma Bakti Putera Muslim Indonesia di Pekanbaru Provinsi Riau.

Jika di lihat kronologis proses yang dilalui, pengurusan izin perubahan bentuk telah dimulai tahun 2006, dan izin baru diperoleh tahun 2012. Butuh waktu sekitar 6 tahun. Waktu yang cukup panjang. Namun ada hikmah yang sangat positif dari rentang waktu tersebut, diantaranya :  waktu yang ada dapat dimanfaatkan oleh pengelola akademi untuk berbenah dan mempersiapkan diri, dengan kata lain Izin diterbitkan disaat AAM Riau sebagai sebuah akademi telah siap untuk menjadi sebuah Sekolah Tinggi.

Terbitnya izin adalah sebuah langkah awal bagi kiprah STIE Mahaputra Riau ke depan dalam rangka turut mencerdaskan kehidupan bangsa. Selamat berkarya, Bravo STIE Mahaputra Riau. 



Loading...
 Komentar Lainnya (3)

Nama :

Email :

:D :P ;;> ;) :) :O :: =s :g :-? :@ :-)) :-bd I-) B-) ):b :-/ :o:
:x =D> :-)/\:-) =)) @_@ o|^_^|o

Untitled Document